• RSS
Latest Post
Loading...

Apa itu Demokrasi ?

in progam anak sekolah


Apa itu Demokrasi ?

Apa itu Demokrasi ? http://baladra-baladri.blogspot.com/

Apa itu Demokrasi ?.

Pengertian demokrasi.
Demokrasi secara etimologis berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata demos dan kratos/cratein. Demos artinya rakyat, kratos/cratien artinya pemerintah. Jadi demokrasi adalah pemerintahan rakyat. Oleh karena itu, demokrasi berarti pemerintahan yang kekuasaannya ada ditangan rakyat atau kekuasaan rakyat. Dengan kata lain demokrasi adalah bentuk pemerintahan rakyat atau rakyatlah yang berkuasa. Pemerintahan dalam negara demokrasi pada dasarnya merupakan pilihan rakyat yang diberi tugas untuk menyelenggarakan pemerintahan negara dan mempertanggung jawabkan kepada rakyat.
Beberapa pengertian demokrasi berikut akan menambah kejelasan apa itu demokrasi, antara lain :
1. International Commision of Jurist.
Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang menjamin hak untuk membuat keputusan yang diselenggarakan oleh warga negara melalui wakilnya yang terpilih dan bertanggung jawab kepada rakyat.
2. J. Abraham Lincoln.
Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat (government of the people, by the people, for the people). Pemerintahan dari rakyat artinya bahwa pemerintahan negara itu mendapat mandat dari rakyat untuk menyelenggarakan pemerintahan. Rakyat adalah pemegang kedaulatan/kekuasaan tertinggi dalam suatu negara tersebut. Apabila pemerintahan telah mendapat mendat dari rakyat untuk memimpin penyelenggaraan negara, maka pemerintahan tersebut telah sah.

>
Apa itu Demokrasi ?

Terima kasih sudah berkenan untuk berkunjung di blog saya..
Tentunya pembaca yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan setelah membaca..
Peraturan berkomentar :
[-] NO SARA
[-] NO OOT (Out On Topic)
[-] NO Link Aktif